Pantai Plengkung, yang juga dikenal sebagai G-Land, adalah salah satu destinasi surfing terbaik di dunia yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan ombak yang menantang, membuatnya menjadi surga bagi para peselancar dari berbagai penjuru dunia.

Dari sekian banyak pantai yang ada di wisata Banyuwangi, Pantai ini memiliki keunikan tersendiri kareana berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo.

Daya Tarik Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung Jawa Timur

1. Surfing

Pantai Plengkung yang memukau terkenal dengan “Seven Giant Waves” yang menjulang tinggi, menjadikannya surga bagi para peselancar.

Ombak-ombak raksasa ini, yang dapat mencapai ketinggian yang menakjubkan yaitu 6-8 meter, menarik peselancar dari seluruh dunia.

Musim puncak untuk menaklukkan ombak ini adalah dari April hingga Oktober.

Bagi para pencari sensasi, Plengkung menawarkan tantangan yang luar biasa, menguji keterampilan dan keberanian mereka saat mereka mengendarai ombak yang mendebarkan.

Pengalaman berselancar di sini menjanjikan adrenalin yang tak tertandingi dan kenangan yang tak terlupakan.

Bagi pengunjung yang tidak berselancar, pantai ini menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya, seperti berenang, snorkeling, diving, trekking, dan mengamati satwa liar di Taman Nasional Alas Purwo.

2. Snorkeling dan diving

Pantai Plengkung di Banyuwangi tidak hanya menyuguhkan ombak kelas dunia tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas pantai lainnya.

Snorkeling dan diving merupakan pilihan populer, memungkinkan kamu untuk menjelajahi kehidupan laut yang semarak di bawah perairan yang jernih.

Penyelam dapat mengagumi formasi karang yang berwarna-warni dan kawanan ikan, sementara penyelam dapat menjelajah lebih dalam untuk menemukan gua dan bangkai kapal bawah laut yang tersembunyi.

Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk menyaksikan ekosistem laut yang beragam di sekitar Pantai Plengkung, menjadikannya surga bagi peselancar dan penggemar laut.

3. Bersepeda

Selain menjelajahi Pantai Plengkung yang menakjubkan dengan berselancar, kamu juga dapat menikmati keindahannya dengan cara bersepeda.

Sepanjang pantai yang terbentang, terdapat jalur bersepeda yang menawarkan pemandangan pantai yang memukau.

Kamu dapat bersepeda menyusuri pasir lembut, menikmati semilir angin laut, dan mengagumi ombak yang bergulung-gulung.

Pengalaman bersepeda di tepian pantai akan memberikanmu sensasi yang berbeda dan tak terlupakan, memadukan keindahan alam dengan aktivitas fisik yang menyegarkan.

4. Mencari spot instagenic

Pantai Plengkung, yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan konsisten, menjadikannya surga bagi peselancar.

Selain itu, Pantai Plengkung juga menawarkan panorama yang indah untuk diabadikan.

Tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto yang Instagramable.

Kamu dapat menemukan berbagai spot foto menarik, seperti di atas tebing yang menghadap ke laut, di sepanjang pantai dengan latar belakang ombak yang menghantam, atau di bawah naungan pohon-pohon palem yang rindang.

Fasilitas di Pantai Plengkung Banyuwangi

Meskipun terletak di lokasi yang cukup terpencil, Pantai ini menyediakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung:

  • Penginapan berupa resort dan pondok surfing
  • Penyewaan peralatan surfing
  • Pemandu wisata dan instruktur surfing
  • Restoran sederhana yang menyajikan makanan lokal
  • Area parkir
  • Toilet umum

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Plengkung

Pantai Plengkung terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo, sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Untuk mencapai pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan darat selama sekitar 2-3 jam dari Banyuwangi, dilanjutkan dengan perjalanan perahu selama 1-2 jam.

Alamat Pantai Plengkung

Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp.15.000,- / orang.
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp.150.000,- / orang.

Jam Buka Pantai Plengkung

Pantai Plengkung buka setiap hari dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Cek Google Maps

Kesimpulan

Pantai Plengkung bukan hanya destinasi surfing kelas dunia, tetapi juga tempat yang menawarkan pengalaman alam yang unik.

Dengan ombak yang menantang dan pemandangan yang memesona, pantai ini layak menjadi tujuan wisata bagi pecinta olahraga air dan alam.

Meskipun terkenal sebagai surga surfing, Pantai Plengkung Banyuwangi menawarkan lebih dari sekadar ombak yang menantang.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asli dan terjaga, memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi mereka yang mencari ketenangan di tengah alam.

Taman Nasional Alas Purwo yang mengelilingi pantai ini menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa liar, memungkinkan wisatawan untuk melihat dan mengamati keanekaragaman hayati yang unik.

Bagi pecinta kegiatan air, perairan di sekitar pantai menawarkan kesempatan untuk snorkeling dan menjelajahi kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

Dan ketika hari menjelang senja, pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang memukau, menciptakan momen yang tak terlupakan di ujung timur Pulau Jawa ini.

Sebagai bagian dari Taman Nasional, Pantai Plengkung dijaga kelestariannya. Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak ekosistem sekitar.